09 Juni 2011

Keluarga Besar Tawon Klanceng

Sebelum melakukan budidaya tawon klanceng untuk menghasilkan madu dan propolis, terlebih dahulu kita akan mempelajari seluk beluk kehidupan tawon tak bersengat ini yang meliputi: keluarga besar, ciri-ciri tubuh untuk mengenalinya, perbedaan dengan tawon madu yang sudah dikenal serta perilaku tawon klanceng sehari-hari.

Para ilmuwan membagi lebah / tawon menjadi dua kelompok besar yaitu tawon bersengat dan tawon tidak bersengat. Meskipun tawon bersengat lebih dikenal oleh masyarakat luas karena sebagai penghasil  madu yang handal, tetapi sesungguhnya berdasarkan riset ahli taksonomi tawon tidak bersengat Trigona  justru merupakan tawon tertua yang pernah diketahui yang pernah hidup di bumi ini

Klasifikasi Ilmiah:

   Kerajaan            : Animalia                                                            Filum                 : Arthropoda                                                            Kelas                : Insecta                                                 Ordo                  : Hymenoptera                                       Subordo             : Apocrita                                              Keluarga             : Apidae                                               Subkeluarga        : Apinae                                                           Rumpun (tribe)    : Meliponini                                           Genus               : Austroplebeia, Cephalotrigona, Cleptotrigona, Dactylurina, Hypotrigona, Lestrimelitta, Liotrigona, Lisotrigona, Melipona, Meliponula, Meliwillea, Nannotrigona, Nogueirapis, Oxytrigona, Paratrigona, Pariotrigona, Partamona, Plebeia, Plebeina, Scaptotrigona, Trichotrigona, Trigona, Trigonisca

Sedangkan untuk genus Trigona terdiri atas subgenus: Duckeola, Frieseomelitta, Geotrigona, Heterotrigona, Homotrigona, Lepidotrigona, Papuatrigona, Tetragona, Tetragonisca, Trigona 

Untuk Indonesia jenis Trigona yang ada di Jawa, Sumatera dan Kalimantan meliputi subgenus Heterotrigona, Tetragona, Hypotrigona dan Lapidotrigona saja.

Tawon tak bersengat, kadang-kadang disebut sebagai tawon madu tak bersengat atau secara sederhana disebut sebagai meliponini merupakan kelompok besar dari lebah yang dimasukkan dalam rumpun Meliponini. Sebenarnya keluarga Meliponini ini, termasuk tawon klanceng memiliki sengat tetapi mengalami reduksi sehingga tidak bisa dipergunakan sebagai pertahanan diri bila diserang atau diganggu musuh.

Trigona merupakan genus yang paling besar dari lebah tak bersengat ini, terbagi menjadi 11 subgenus dan kira-kira 150 spesies.(sumber: Wikipedia).

Tawon tak bersengat ini dapat ditemukan paling banyak di daerah tropis dan  subtropikal seluruh dunia seperti: Australia, Afrika, Asia Tenggara dan bagian tropis Amerika. Di Amerika Tengah dan Amerika Selatan lebah pribumi asli adalah lebah tak bersengat, walaupun hanya beberapa diantaranya menghasilkan madu dalam jumlah yang cukup lumayan sehingga diternakkan oleh penduduknya. Madu dari kelurga Meliponini ini sangat dihargai karena dipergunakan untuk pengobatan oleh komunitas yang tinggal di Afrika maupun di Amerika Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar