13 Juni 2011

Sarang Tawon Klanceng

Tawon klanceng dan kerabatnya bersarang  pada cabang/batang pohon yang berlubang, rongga bawah tanah atau celah bebatuan – tetapi tawon klanceng ini juga tingal di rongga dinding, tempat sampah, kotak meteran air dan drum tempat penyimpanan barang-barang. Beberapa peternak tawon mem-budidaya-kannya dalam tempat aslinya  yaitu batang pohon atau memindahkannya dalam kotak kayu sehingga lebih mudah untuk melakukan pemanenan madu serta pemeriksaan sarang.

Tawon klanceng menyimpan polen/serbuk sari dan madu dalam pot berbentuk bulat telur yang dibuat dari lilin lebah dan dicampur dengan berbagai macam resin/getah tanaman yang disebut propolis. Pot madu dan polen ini disusun disekitar  sarang larva lebah yang tersusun secara horizontal berbeda dengan sarang tawon madu yang tersusun vertikal.
Ketika lebah pekerja muda baru keluar dari selnya mereka tetap tinggal dalam sarangnya dengan melakukan beberapa tugas yang berbeda, yang di kemudian hari akan menjadi penjaga atau pencari makanan. Tidak seperti larva tawon madu, larva Meliponini tidak disuapi oleh tawon pekerja begitu menetas. Polen dan nektar diletakkan dalam sel - kemudian telur diletakkan diatasnya, dan sel akan ditutup sampai tawon dewasa keluar setelah fase pupa. Dalam satu waktu, sarang akan berisi antara 300—800.000 pekerja  tergantung dari spesiesnya.

Tidak seperti tawon madu, dimana larva lebah betina  mungkin akan menjadi pekerja atau ratu tergantung dari jenis makanan yang diberikan saat larva yaitu calon ratu diberi makan royal jelly dan lebah pekerja diberi pakan polen –yang paling sering penentuan lebah ratu berdasarkan jumlah konsumsi polen. Jumlah polen yang banyak untuk makanan larva akan menghasilkan ratu pada genus Melipona. Uniknya, komponen sarang Meliponini ini sampai 25% (umumnya 5-14%) adalah ratu. 

Sel ratu tawon klanceng bisa dibedakan dari yang lainnya karena ukurannya yang lebih besar dengan berisi lebih banyak polen. Sedangkan untuk sel pekerja ukurannya adalah identik/sama dan tersebar pada sarang pekerja. Ketika ratu baru muncul, biasanya mereka terbang dengan lebah jantan untuk kawin.Sarang yang baru dibuat tidak dengan cara berpindah tempat/migrasi tetapi dengan cara pekerja secara bertahap membuat sarang pada lokasi kedua. Bila sarang sudah selesai, kemudian pekerja menghubungi ratu baru tawon klanceng yang sudah kawin dan kemudian pekerja membangun sarang permanen dan membantu ratu untuk meningkatkan jumlah pekerjanya.

1 komentar:

  1. alamat dimana pak,saya pengen belajar ternak lebah klanceng.

    BalasHapus